Tuesday, January 3, 2017

Pengertian Masquerade dan Firewall

Rifki Ferdiansyah - Asalamualikum kawan ,hari ini saya akan menjelaskan ilmu yang saya dapat hari ini yaitu mengenai pengertian MASQUERADE dan FIREWALL pada saat melakukan setting di Mikrotik. Saya akan memaparkannya dibawah ini...

A.Pengertian
Masquerade adalah bentuk translasi jaringan(NAT) yang berfungsi  melakukan Perubahan atau Translation dari sebuah IP address private menjadi IP address public dengan opsi yang dapat dipilih pada action yaitu masquerade maka IP private pada mikrotik akan langsung berubah menjadi IP address public.Jadi masquerade adalah proses merubah ip addres private menjadi Ip address public agar dapat lebih menghubungkan lebih banyak komputer dan satu jaringan.




Firewall dalam bahasa indonesia berarti tembok api yaitu jenis sistem keamanan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari luar komputer.Secara umum firewall mengatur akses internet dari dalam atau privat dan siapa saja yang mengaksesnya dari luar.

Fungsi dari firewall :
  • semua jaringan yang terhubung keinternet akan melalui proses firewall 
  • Hanya seseorang yang diperbolehkan atau diberi akses yang dapat terhubung
  • Memiliki kemampuan untuk menahan serangan internet

1 komentar

Sejatinya "masquerade" adalah dari kata "mask" alias topeng dalam bahasa indonesia .. Yakni menyamarkan ip sebuah request paket, sehingga nampak request tersebut dari 1 ip yang lain (misalnya lokal ke publik)
----------------
Firewall adalah nama untuk bagian benteng pertahanan yang diatasnya adalah pasukan pemanah dengan panah api. Biasaya ada diatas pintu masuk. Sehingga siapa saja yang masuk hanya orang-orang tertentu.
Dalam hal paket data, hanya paket yang dikenal saja yang diperbolehkan melewati firewall.


EmoticonEmoticon

JOIN NOW