Thursday, June 1, 2017

Limit Bandwidth Bedasarkan Profile Pada Hostpot Mikrotik RB951Ui-2nD

Selamat Siang sobat , kali ini admin akan sharing tentang Limit Bandwidth Bedasarkan Profile Pada Hostpot Mikrotik RB951Ui-2nD . Oke akan saya jelaskan pengertian Bandwidth terlebih dahulu sebelum kita melakukan Konfigurasi nya.



Bandwidth adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.

Pada sebuah jaringan komputer Bandwidth terbagi menjadi 2 yaitu Bandwidth digital dan Bandwidth analog.
  1. Bandwidth digital adalah jumlah atau volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
  2. Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hz (hertz) yang dapat menentukan banyaknya informasi yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat.

Ini adalah topologi yang digunakan saat melakukan konfigurasi Limit Bandwidth

Pertama buka menu IP --> Hostpot --> kemduian pilih User Profile seperti gambar diatas . Selanjutnya kita akan menambahkan Profile baru yang akan digunakan sebagai limit Bandwidth . Beri nama sesuai keinginan kalian , dan masukkan Rate Limit (rx/tx) : 700k/700k jika sudah kemudian pilih Aply dan Ok.
Rate Limit (rx/tx ) : Limit Bandwidth yang akan diberikan. 
Rx : Download
Tx : Upload 
Selanjutnya kita akan membuat profile dengan name user300kb dan kemudian kita beri rate limit sebesar 300k untuk Upload dan Download jika sudah pilih Aply dan OK
Selanjutnya kita buat user untuk login Hostpot nantinya ikuti langkah diatas untuk membuat user login Hostpot
Server : menunjukkan letak user yang ingin ditambahkan di Server
Name  : Username untuk login Hospot
Password : Password untuk User
Profile : Isikan profile yang telah dibuat sebelumnnya
Buat kembali user untuk Profile yang kedua . Ikuti langkah-langkah diatas
Kemudian selanjutnya kita melakukan uji coba apakah konfigurasi kita berhasil, masukkan username dan password dari profile yang pertama kita buat .
Jika anda berhasil login maka akan muncul seperti gambar diatas
Kemudian kita uji coba koneksi internet dengan menggunakan website beta.speedtest.net untuk melihat berapakah bandwidth yang didapatkan .Hasil dari speedtest tersebut user dengan profile User700kb berhasil mendapatkan Internet dengan kecepatan Download 0.40Mbps dan Upload 0.47Mbps. Dapat disimpulkan limit user dengan profile 700kb berhasil terlimit , karena angkkan 400kbps dan 470kbps berada dibawah 700kbps.

Selanjutnya kita logout dan Login Hostpot kembali menggunakan User guru yang menggunakan Profile user300kb
Berhasil Login Hostpot
Lakukan Speestest kembali menggunakan website beta.speedtest.net untuk mengetahui berapakah bandwidth yang didapatkan oleh user dengan profile 300kb. Hasillnya user dengan profile 300kb mendapatkan 0.25Mbps untuk Download dan 0.26Mbps untuk Upload dan berhasil terlimit.

Membuat User Trial Pada Hostpot Mikrotik.
Pertama buka IP --> Hostpot dan kemudian Pilih User Profile double klick pada bagian hsprof1 dan pilih Login --> Centenag pada bagian Trial
Buka Dns Name login Hostpot maka akan muncul gambar seperti diatas Selanjutnya anda klick link tersebuat untuk Login sebagai Trial
Jika anda berhasil login maka akan muncul seperti gambar diatas.

Membuka Situs Tertentu Tanpa Login Hostpot
Pertama Masuk kemenu IP --> Hostpot dan Pilih Walled Garden dan Pilih add / + untuk membuat Walled Garden
Action Allow : Agar Walled Garden Aktif
Dst. Host : Website atau Situs yang diperbolehkan dibuka tanpa Login

Kemudian coba kita ketikkan Facebook.com di Browser apakah berhasil terbuka . Jika berhasil maka konfigurasi Walled Garden kita berhasil.

Kemudian coba anda buka website atau situs lain yang tidak didaftar di Walled Garden maka akan muncul tampilan Login seperti diatas

Sekian untuk Postingan hari ini , akan Admin lanjut di postingan berikutnya . Terima Kasih.


EmoticonEmoticon

JOIN NOW